Review ROG Zephyrus G14: Laptop Gaming 14 inci Paling Bertenaga

Please log in or register to like posts.
News
review-rog-zephyrus-g14:-laptop-gaming-14-inci-paling-bertenaga

ASUS kembali menggebrak pasar laptop gaming dengan menghadirkan ROG Zephyrus G14. Tampil dengan layar 14 inci dan bodi yang ringan, ROG Zephyrus G14 diklaim sebagai laptop paling ringkas dan powerful di dunia. Bagaimana ia bisa mendapatkan julukan tersebut? Prosesor AMD Ryzen Mobile 4000 series adalah salah satu jawabannya.

Prosesor dengan code name Renoir ini bukan sekadar produk baru, tetapi hadir dengan arsitektur Zen 2 terkini yang dibangun dari pemrosesan 7nm FinFET. Artinya, Ryzen Mobile 4000 series telah menggunakan transistor yang ukurannya lebih kecil dari prosesor laptop generasi sebelumnya.

Penggunaan transistor yang kecil membuat ROG Zephyrus G14 tampil dengan performa jauh lebih baik serta memiliki konsumsi daya yang lebih rendah. Hal ini pula yang membuat laptop gaming terbaru dari ASUS ini dapat tampil dengan bodi yang sangat ringkas, jauh dari anggapan sebuah laptop gaming tradisional yang besar dan berat.

Bukan hanya untuk gamer

Salah satu yang paling membedakan ROG Zephyrus G14 dengan laptop seri ROG Zephyrus lainnya, bahkan dengan laptop gaming lainnya adalah desainnya. Laptop ini tampil dengan desain yang minimalis sekaligus futuristik, membuatnya tidak hanya dapat digunakan sebagai mesin untuk bermain game di dalam rumah.

ROG Zephyrus G14 hadir dalam dua pilihan warna. Moonlight White memiliki tampilan dengan aksen warna putih yang elegan untuk mereka yang ingin terlihat berbeda di manapun. Sementara itu, Eclipse Grey hadir dengan aksen warna gelap yang elegan untuk pengguna yang lebih suka dengan tampilan laptop gaming klasik yang gahar.

ASUS menempatkan logo ROG yang semula berada di tengah-tengah bagian belakang layar ke sudut kiri bawah. Logo tersebut sengaja dihadirkan agar ROG Zephyrus G14 tidak kehilangan identitas sebagai bagian dari keluarga ROG namun tetap mempertahankan desain minimalisnya.

Baca Juga :  GIGABYTE Umumkan SSD 2TB Baru RAID Aorus

Satu hal yang tak kalah menarik, di bagian belakang layarnya terdapat juga lubang kecil yang disusun dan membagi bagaian belakang layar menjadi dua secara diagonal. Desain minimalis seperti memang belum pernah digunakan di laptop gaming manapun.

Secara ukuran, ROG Zephyrus G14 juga tidak seperti laptop gaminng lainnya. Ia mengusung layar 14 inci yang jarang digunakan di laptop gaming, serta memiliki bobot di bawah 2 kg (1,6 kg lebih tepatnya) yang juga jarang sekali ditemui di sebuah laptop gaming yang memiliki spesifikasi premium.

ROG Zephyrus G14 juga memiliki bodi yang tergolong sangat ringkas bahkan bisa bersaing dengan laptop ultrathin mainstream. Ketebalannya hanya 1,79 cm, dan tampil dengan dimensi 32,4 x 22,4 cm. Artinya, ROG Zephyrus G14 sangat mudah untuk dibawa bepergian bahkan dapat masuk ke dalam sling bag seperti halnya laptop mainstream.

Berkaca dari desain yang diusungnya tersebut, ROG Zephyrus G14 bukan hanya menyasar para gamer tetapi juga mereka yang membutuhkan laptop powerful di kegiatan sehari-harinya. Desain minimalis dan low profile pada ROG Zephyrus G14 tidak hanya membuat penggunanya tetap mobile, tetapi juga pantas digunakan di lingkungan kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.